selamat datang

selamt datang.... trimakasih atas kedatangannya,

Jumat, 06 Maret 2009

ASET

Asset dalam akuntansi umum adalah kekayaan atau kepemilikan. Contoh fulan mempunyai rumah 300 m persegi tanah 500m persegi , mobil kijang tahun 2008 dan seterusnya total dinilai misal 800jt, maka itu semua adalah asset. Itu benar menurut akuntansi pada umumnya. Bila dilihat arus kas yang terjadi pada kepemilikan tersebut bisa juga itu dianggap sebagai biaya. Rumah 300 m tadi memerlukan listrik 250rb. Pembantu rumah tangga perlu 2 orang sebulan 1 juta, mobil perlu oli dan bensin sebulan 400rb. Ini kan biaya. Perlu merogoh saku yang dalam.
 Bandingkan rumah 100m tanah 150m, mobil kijang th 1996, punya usaha loundry dan warung makan total dinilai 800jt juga. Sama sama nilainya dengan contoh awal, tapi posisi kepemilikan yang ke dua ini bisa di sebut asset. Karena usaha loundry dan warung makan menghasilkan arus kas masuk. Kijangnya juga bisa menghasilkan income karena sebagai mobilitas usaha tersebut. Jadi koreksi pengertian asset adalah sesuatu yang dapat mengalirkan arus kas masuk atau income.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
pati, jawa tengah, Indonesia
saya adalah seorang wirausahawan, mempunyai hobi adenium, tertarik dengan serba organik. kembali ke alam adalah suatu yang terbaik. baik untuk manusia, lingkungan, dan alam email: reza_uns@yahoo.com hp : 081326088125